Tukang Taman Minimalis | Jual Tanaman Hias | Berbagai Jenis Rumput | Kolam Minimalis | Saung Gazebo

CARA MENANAM DAN MERAWAT RUMPUT GAJAH MINI

 

Cara Menanam Dan Merawat Rumput Gajah Mini

Rumput gajah mini menjadi tanaman yang mendasar dan penting untuk taman rumah,tanpa rumput rumah terlihat kurang asri.Hampir semua rumah minimalis mengandalkan rumput gajah mini sebagai penghias taman.

Rumput Gajah Mini

Berikut ini warung tanaman akan membagikan tips cara menanam  dan merawat rumput gajah mini yang baik dan benar

  1. Tanah digemburkan dengan cangkul dan dibalikan dengan kedalaman 20cm setelah itu ratakan sampai rapi.
  2. Rumput dicacah menjadi potongan lebih kecil sekitar 3cm-5cm.Benamkan rumput ketanah yang sudah digemburkan sampai seluruh akarnya tertimbun tanah.Pola penanamannya dibuat secara zig-zag untuk memaksimalkan pertumbuhan agar lebih rapat dan rapi.
  3. Perkuat posisi rumput dengan tanah dengan memukul pelan permukaan rumput agar akarnya kokoh didalam tanah
  4. Ratakan permukaan rumput dengan tanah menggunakan balok kayu atau batu bata.Biarkan selama seminggu untuk melihat pertumbuhan akarnya.
  5. Setelah 2 minggu kemudian taburkan pupuk urea dan NPK secara merata.
  6. Kemudian siram dengan air menggunakan gembur atau ceret dengan lubang kecil dan banyak.Jangan menggunakan gayung atau sejenisnya untuk menghindari penumpukan genangan air yang bisa membuat akar rumput menjadi busuk.

Kemudian cara tepat merawat Rumput Gajah Mini dihalaman.Rumput gajah mini tidak begitu sulit merawatnya,tapi juga jangan dianggap enteng.Perawatan yang salah bisa mengakibatkan pertumbuhan rumput gajah mini menjadi tidak rapat dan daunnya tidak bagus.

  1. Menyiram adalah pekerjaan utama dalam merawat tanaman,begitu juga rumput gajah mini.Lakukan penyiraman 2 kali dalam sehari untuk menjaga kualitas pertumbuhannya.
  2. Lakukan pemupukan,anda bisa menggunakan pupuk tanaman seperti urea,NPK atau kompos.Dalam hal ini tidak ada campuran khusus,anda bisa melakukannya kapan saja asalkan jangan dilakukan terlalu sering.
  3. Pencahayaan harus sangat diperhatikan,berbeda dengan tanaman lain,jika kurang cahaya akan tumbuh layu dan menguning.Rumput gajah ini justru pertumbuhannya keatas dan daunnya tumbuh lebih dari biasanya jika kurang mendapatkan cahaya.Bentuk seperti ini tentu tidak diharapkan karena terlihat terlalu rimbun dan mempengaruhi tampilan keseluruhan taman anda.Pertumbuhan yang baik untuk rumput gajah mini adalah tumbuh kesamping dengan daun tetap kecil.
  4. Perhatikan pertumbuhab gulma,jika ada segera cabut ke akar-akarnya agar tidak tumbuh lagi ditempat yang sama.
  5. Jagalah rumput dari aktifitas kaki yang cukup intens,ada baiknya anda membuat pijakan batu agar rumput tidak bersentuhan langsung dengan kaki.Meski rumput terkesan bandel pertumbuhannya namun untuk menjaga kualitas dan warna daun yang merata hindari menginjak rumput gajah mini.

 

 

rumput

Google+

Artikel Lainnya